Cara Menggunakan Indent di Sel Ms Excel

Indent merupakan pengaturan margin kiri dari teks atau paragraf dimana teks atau paragraf dibuat menjorok atau masuk ke arah dalam / ke arah kanan. Indent tab biasanya digunakan untuk memberi kesan “leveling” atau tingkatan antar paragraf. Misalnya Teks paling kiri adalah nama Provinsi. Selanjutnya teks yang dibuat menjorok/masuk ke dalam adalah nama kabupaten/kota. Lebih masuk lagi adalah nama kecamatan. Dan yang paling berada di dalam adalah nama kelurahan. Teks tersebut seakan akan membuat hirarki (seperti anda menggunakan window explorer), tetapi posisinya berada dalam kolom yang sama. Dengan demikian teks nama provinsi, kota/kabupaten, kecamatan dan kelurahan tersebut akan dapat dibuat lebih rapi dan dapat dibaca lebih jelas. Sebagai contoh lihat ilustrasi pada gambar berikut :

Gambar: Contoh pemakaian indent pada sel microsoft excel

Pada Gambar di atas terlihat Provinsi berada paling kiri, lalu di susul Kabupaten/kota, kecamatan dan terakhir kelurahan. Dengan memanfaatkan fitur indent microsoft excel teks yang berada pada satu kolom tersebut akan lebih mudah untuk di baca dan dipahami.
Untuk mengatur indent di microsoft excel anda dapat memanfaatkan tombol increase indent untuk menggeser teks ke kanan, atau tombol decrease Indent untuk menggeser teks ke kiri. Kedua tombol tersebut berada di grup Alignment pada ribbon Home.

Gambar: tombol increase indent dan decrease indent di ribbon Home microsoft excel

Untuk menggunakannya pun cukup sederhana, anda tinggal memilih / blok sel yang akan diatur indent nya lalu klik tombol increase/decrease indent tersebut. Untuk lebih jelasnya lihat contoh penggunaan berikut :

  1. Ketik teks yang anda
  2. Blok sel yang akan anda atur indent nya
  3. Klik ribbon Home
  4. Lalu klik tombol Increase Inden atau Decrease Indent yang ada di grup Alignment

Gambar: cara menggunakan tombol increase indent dan decrease indent di microsoft excel

Cara lain untuk mengatur indent yang dapat anda gunakan adalah melalui dialog format Cells. Tidak seperti penggunaan tombol increase indent dan decrease indent, pada pembuatan indent dengan menggunakan dialog format cell anda harus menentukan banyaknya tingkat indent yang akan dibuat. Untuk lebih jelasnya lihat contoh pemakaian berikut :

  1. Pilih atau blok cell yang akan di atur indentnya
  2. Selanjutnya klik kanan pada cel atau blok sel tersebut
  3. Lalu klik item Format Cells
  4. Pada Dialog Format Cells pilih tab Alignment
  5. Pada kotak Horizontal ganti isinya dengan Left (Indent)
  6. Selanjutnya isikan panjang / jarak indent pada kotak Indent. Misalkan isi dengan 2 (asumsi: jarak indent akan dibuat sama atau setara dengan 2 kali anda menekan tombol Increase Indent)
  7. Kemudian klik tombol OK.

Gambar: cara membuat indent melalui dialog format cells microsoft excel

 

Tips Cara Menggunakan Indent pada Sel Microsoft Excel

Anda bisa menekan shortcut tombol CTRL+ALT+TAB untuk Increase Indent dan shortcut CTRL+ALT+SHIFT+TAB untuk Decrease Indent. Tetapi bila anda menggunakan Windows 7 kedua shortcut tersebut sudah digunakan windows untuk berpindah antar jendela aplikasi. Dengan kata lain, kedua shortcut tersebut tidak bisa dipakai bila anda menggunakan Windows 7.

Anda belum menemukan apa yang anda cari?
Coba mencarinya lebih jauh di aimyaya dengan dukungan google
 

 

 

 

Related posts

Tags: editing, format cells, indent, microsoft excel, ms excel 2007, tampilan cells

Komentar ditutup