Cara Mencetak Ke Ukuran Kertas Yang Berbeda di Ms Excel

Cara Mencetak Ke Ukuran Kertas Yang Berbeda di Microsoft Excel. Ada banyak alasan kenapa kita harus mencetak dokumen yang dibuat menggunakan Microsoft Excel pada kertas yang berbeda ukuran dengan yang kita buat di dalam dokumen. Tidak seperti Microsoft Word yang menyediakan fasilitas scalling sehingga kita dapat mencetak dokumen word pada ukuran kertas yang berbeda, pada Microsoft Excel fasilitas tersebut tidak disediakan. Sebenarnya Microsoft Excel juga menyediakan fasilitas scalling, tetapi bila anda menggunakan scalling tampilan excel yang ada di Dialog Page Setup, maka akan dilakukan penyesuaian terhadap tampilan print dokument yang bahkan bisa jadi akan juga merubah jumlah halaman dari sebelumnya. Dan repotnya kita harus melihat kembali satu persatu tampilan per halaman agar sesuai dan tidak terjadi sebuah halaman hanya mencetak sebuah baris atau sebuah kolom saja. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya kita mencoba mencetak dokumen dengan cara scalling paper seperti yang dilakukan di Microsoft Word. Untuk melakukan hal tersebut kita bisa memanfaatkan dan memaksimalkan kemampuan driver printer yang kita miliki.

  1. Buka dokumen yang akan dicetak
  2. Lalu tekan tombol keyboard CTRL+P untuk memunculkan dialog Print.
  3. Kemudian tekan tombol properties untuk memunculkan konfigurasi printer yang disediakan oleh driver printer
  4. Lalu pada jendela properties printer, carilah yang menyediakan fasilitas scalling. Berhubung saya memakai printer epson TX 121, maka buka tab Page Layout
  5. Berikan tanda check pada item Reduce / Enlarge Document
  6. Lalu isikan target kertas print out, misalkan dokumen kita menggunakan ukuran kertas Legal tetapi saat ini kita ingin mencetak pada kertas ukuran A4, maka pada kotak By Output Paper Size pilih item A4.
  7. Lalu klik OK untuk menutup dialog Properties Printer
  8. Klik sekali lagi untuk memulai pencetakan dokumen ke Printer.

 

Gambar: Cara merubah atau mengatur ukuran kertas melalui menu ribbon Page Layout  di Microsoft Excel

  • Pilihan untuk opsi reduce/enlarge atau scalling output paper tidak sama untuk setiap printer. Pada contoh di atas saya menggunakan epson, tentunya akan berbeda untuk printer canon, HP atau yang lainnya.
  • Cara lain untuk bisa melakukan scaling adalah anda cetak dahulu atau mungkin simpan dahulu dokumen excel anda ke dalam format PDF. Setelah itu buka file PDF tersebut dan lakukan pencetakan dengan scaling paper menggunakan acrobat reader.

.

Anda belum menemukan apa yang anda cari?
Coba mencarinya lebih jauh di aimyaya dengan dukungan google
 

 

 

 

Related posts

Tags: area cetak, area print, belajar, belajar mandiri, belajar online, belajar sendiri ms excel, Cara, cara cepat, cara di ms excel, cara mudah, cara mudah ms excel, cetak dengan kertas berbeda, daerah cetak, mengatur kertas, merubah ukuran kertas, microsoft excel, ms excel 2007, ms excel 2010, perbesar hasil print, perkecil hasil print, scaling output paper, tips microsoft excel, tips ms excel, trik ms excel, ukuran kertas berbeda, wilayah print

Komentar ditutup