Cara Membuat Template Cover Page di Galeri Microsoft Word

Cara Membuat Template Cover Page di Galeri Microsoft Word. Saat membuat sebuah laporan kita butuh untuk sampul halaman atau cover page. Sebenarnya kita bisa saja memilih salah satu dari gallery cover page yang telah disediakan di Microsoft Word, tetapi bila sampul halaman tersebut tidak ada di galeri dan harus merupakan cover yang resmi atau formal, maka kita harus membuatnya sendiri untuk pertama kali, sedangkan untuk pemakaian berikutnya kita bisa lakukan copy/paste dan tinggal merubah judulnya saja. Bila kita sering menggunakan format sampul halaman tertentu, ada baiknya format tersebut kita tambahkan pada galeri Cover page, sehingga kita tidak perlu membuka file lama dan melakukan copy paste untuk cover page.
Untuk menambahkan cover page atau halaman sampul kita ke dalam daftar galeri Cover page di Microsoft Word 2007 anda dapat melakukan langkah berikut.

  1. Bila belum punya cover page atau sampul halaman, silahkan anda buat terlebih dahulu.
  2. Blok area sampul halaman yang sudah anda buat hingga satu halaman penuh
  3. Kemudian klik menu ribbon Insert
  4. Lalu klik pada grup Pages yang ada di bagian paling kiri ribbon, klik Cover Page
  5. Pada popup menu yang muncul klik Save Selection to Cover Page Gallery
  6. Gambar: Cara menambah cover page atau halaman sampul buatan sendiri pada galeri Cover Page Microsoft Word 2007

  7. Anda akan dimunculkan sebuah dialog Create New Building Block.
  8. Pada dialog Create New Building Block tersebut :
    • Name : isikan dengan nama cover page yang anda buat, misalkan Laporan Resmi, atau yang lainnya
    • Gallery : biarkan Cover Pages
    • Category : biarkan saja Built-In
    • Deskripsi: Isikan dengan deskripsi tentang cover page anda, misalkan sampul laporan harian, dsb
    • Save In : Biarkan Building Blocks.dotx
    • Options : Insert Content in its own page
  9. Gambar: Cara menambahkan properties cover page atau halaman sampul di Microsoft Word 2007 melalui dialog Create New Building Block

  10. Bila telah sesuai, klik tombol OK.
  11. Selamat. Kini daftar galeri Cover Page anda telah memiliki tambahan sebuah cover page hasil buatan anda. Tidak percaya? Klik kembali tombol Cover Page lalu cari sampul halaman buatan anda tersebut. :)

Tips Menambahkan Sampul Halaman pada galeri Cover Page Microsoft Word

Sebelum menambahkan sebuah sampul halaman pada daftar Galeri Cover Page Microsoft Word, pastikan bahwa sampul halaman anda sudah benar baik posisi, ukuran ataupun hal teknis lainnya. Sebab bila sudah ditambahkan dalam daftar galeri Cover Page, anda hany bisa mengganti properties seperti penamaan, desktripsi, dan yang lainnya, tetapi anda tidak bisa menggantinya begitu saja isi atau format halaman sampul anda. Bila ada perubahan terhadap bentuk tulisan atau format halaman sampul, maka anda harus menghapus cover page halaman tersebut lalu menggantinya (menambahkan kembali) hasil perbaikan yang sudah dilakukan ke dalam galeri Cover Page.
.

Anda belum menemukan apa yang anda cari?
Coba mencarinya lebih jauh di aimyaya dengan dukungan google
 

 

 

 

Related posts

Tags: belajar, belajar mandiri, belajar online, belajar sendiri ms word, Cara, cara cepat, cara di ms word, cara menambah cover page, cara mengedit, cara mudah, cara mudah ms word, cover page, cover page buatan sendiri, formal cover page, halam sampul resmi, halaman sampul sendiri, menambah cover page, menambah galeri cover page, menyisipkan cover page, merubah cover page, microsoft word, ms word 2007, ms word 2010, sampul halaman, tambah cover page, tips microsoft word, tips ms word, trik ms word

Komentar ditutup