Cara Mudah Membuat Huruf Awal Lebih Besar (Drop Caps) di Ms Word

Cara Mudah Membuat Huruf Awal Paragraf Menjadi Lebih Besar (Drop Caps) di Microsoft Word. Untuk mempercantik ketikan atau tulisan kita sering melihat huruf pertama dari paragraf atau alinea pertama dari artikel dibuat menjadi lebih besar. Tinggi huruf pertama tersebut bisa jadi memerlukan tempat 3 baris atau 4 baris kalimat atau bahkan lebih. Kita bisa membuatnya secara manual dengan memperbesar huruf pertama dengan cara memperbesar langsung ukuran huruf, tetapi akan terlihat menjadi seperti membuat sebuah gunung karena teks berikutnya terlihat lebih pendek. Cara manual lainnya adalah menggunakan text box, tetapi akan terlalu banyak memakan waktu karean anda harus mengatur juga ukurannya. Cara Paling mudah adalah menggunakan fasilitas Drop Cap yang disediakan oleh Microsoft Word 2007. Untuk membuat drop cap anda dapat mengikuti langkah berikut.

  1. Jika anda belum punya, maka ketik teks dokumen anda terlebih dahulu. ;)
  2. Klik paragraf atau alinea yang akan dibuat drop caps nya, agar kursor teks (biasanya berbentuk garis vertikal berkedap-kedip) ada di paragraf tersebut.
  3. Klik menu ribbon Insert
  4. Kllik lalu klik Dropped, bila anda ingin huruf besar tersebut tetap berada dalam “wilayah” paragraf dan menggeser sebagian kata-kata dalam alinea anda. Atau anda klik In Margin, jika ingin huruf besar tersebut tidak berada dalam paragraf dan menjaga teks sisanya tetap dalam paragraf.
  5. Huruf besar atau Drop Cap di awal paragraf atau alinea anda akan langsung muncul.

Gambar: Contoh cara pembuatan huruf awal paragraf menjadi lebih besar (drop caps) di ms word

Tips Menggunakan Huruf Besar Di Awal Paragraf / alinea di Microsoft Word

Anda dapat membuat huruf awal (drop cap) anda lebih besar dari default yang disediakan microsoft Word atau bahkan menggunakan font yang lain, seperti misalnya huruf pertama tersebut menggunakan font script yang mirip tulisan latin / sambung yang bagus atau unik. Untuk melakukannya, klik item Drop Cap Options .

Anda belum menemukan apa yang anda cari?
Coba mencarinya lebih jauh di aimyaya dengan dukungan google
 

 

 

 

Related posts

Tags: belajar, belajar mandiri, belajar online, belajar sendiri ms word, bikin drop cap, cara cepat, cara di ms word, cara edit dokumen, cara membuat drop caps di ms word, cara mudah, cara mudah buat drop cap, cara mudah cara, cara mudah huruf besar, cara mudah ms word, format teks, langkah drop caps, langkah-langkah membuat teks, menambah drop cap, microsoft word, ms word 2007, ms word 2010, tips editing dokumen, tips microsoft word, tips ms word, trik ms word

Komentar ditutup