Cara Menghemat Pemakaian Air Bersih

Cara Menghemat Pemakaian Air Bersih. Saat ini bisa dibilang air bersih bukan barang gratis. Bila kita tidak mengeluarkan uang untuk mendapatkan air bersih, minimal kita mengeluarkan tenaga dan waktu untuk mendapatkannya. Ada banyak cara mudah dan sederhana yang dapat lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghemat pemakaian air bersih:

1. Hemat air saat mandi.

Penggunaan shower dapat menghemat pemakaian air. Bila tidak, anda dapat membatasi penggunaan air bersih dalam hitungan gayung, atau pun dengan cara membatasi penggunaan air dengan ember.
Jika rambut anda dikeramas, sebelum bilasan terakhir sabuni terlebih dahulu badan anda. Agar air dari hasil bilasan /siraman pada rambut dapat terpakai untuk membersihkan busa sabun yang menempel ditubuh anda.

2. Jangan biarkan air keran mengalir percuma

Bila menyikat gigi atau mencuci tangan di wastafel, jangan membiarkan air mengalir terbuang percuma saat anda sedang menyikat gigi atau mencuci tangan dengan sabun.

3. Perbaiki Kebocoran sesegera mungkin

Bila ada kebocoran dalam sistem pipa air di rumah anda segera perbaiki secepat mungkin agar air tidak terbuang percuma.

4. Hemat air saat mencuci Piring

Sabuni terlebih dahulu semua piring, gelas atau peralatan makan lainnya. Setelah itu gunakan bak / ember untuk membilasnya. Gunakan air mengalir untuk bilasan terakhir atau bila anda merasa cucian tersebut masih kotor.

5. Menghemat air saat membersihkan kotoran

Bersihkan terlebih dahulu dengan alat pembersih lainnya seperti sapu, spons, lap atau alat pembersih lainnya agar kotoran dapat dikurangi sebisa mungkin. Gunakan spons / lap dengan tambahan sedikit air dan sabun terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kotoran melekat pada spons / lap yang anda gunakan. Setelah itu baru gunakan air untuk membilasnya.

6. Menghemat air saat mencuci pakaian

Kelompokkan pakaian sesuai dengan tingkat kelunturan dan kekotorannya. Gunakan air untuk pakaian dengan tingkat kekotoran atau kelunturan paling sedikit terlebih dahulu.

7. Menghemat air saat memandikan hewan peliharaan

Mandikan hewan di atas rumput. Jadi anda dapat memandikan hewan sekaligus menyiram rumput anda.

8. Menghemat air saat menyiram tanaman

Siram tanaman anda pada pagi hari atau sore hari. Pada saat itu, air akan lebih cepat diserap tanah, dan memperkecil kemungkinan penguapan air. Anda juga bisa sekalian memandikan hewan peliharaan anda di atas rumput taman.

9. Menghemat air saat di toilet umum.

Hemat air toilet umum seperti kita menghemat air di rumah kita. Dengan menjaga kebersihan toilet umum, kita juga akan ikut menghemat pemakain air untuk membersihkan toilet umum.

10. Hemat pemakaian produk sehari-hari

Setiap barang yang diproduksi sedikit banyak akan menggunakan air, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam operasional pembuatan produk tersebut. Dengan menghemat barang yang kita pakai, kita juga menghemat pemakaian air saat produksi barang tersebut dilakukan.
.

Anda belum menemukan apa yang anda cari?
Coba mencarinya lebih jauh di aimyaya dengan dukungan google
 

 

 

 

Related posts

Tags: air bersih, air limbah, alternatif saat kurang air, Cara, cara agar hemat air, cara berhemat, cara cepat, cara hemat, cara hemat air, cara menghemat air, cara menghemat pemakaian air, cara mudah, cara mudah hemat air, cara pemakaian air agar hemat, Cara Praktis, cara sederhana, hemat air, hemat air bersih, selamatkan bumi, tindakan menghemat air, tips dan trik, tips hemat, upaya menghemat air bersih, usaha menghemat air

Komentar ditutup