Cara Mudah Mempercepat Startup Windows

Setiap orang pasti ingin Windows nya dapat bekerja dengan cepat. Apalagi saat startup, kita kadang malas untuk menunggu startup yang terlalu lama. untuk mempercepat startup windows, ada beberapa hal yang bisa anda jadikan masukan.

1. Hardware

Sudah pasti kemampuan hardware akan mendukung kecepatan startup window. Dengan mempertinggi spesifikasi hardware anda, tentu saja startup windows akan dapat berlangsung lebih cepat.

2. Booting

Anda harus menaruh harddisk tempat system windows anda berada pada urutan pertama booting. Jika tidak, maka anda harus mengeluarkan CD/DVD ROM ataupun melepaskan eksternal drive saat booting. Halini bertujuan agar system tidak mencari boot sector pada drive-drive tersebut lebih dahulu.

3. Scan Virus, Spyware, Adware, malmware

Sudah pasti virus, spyware, adware ataupun malmware lainnya akan memperlambat proses booting. oleh karena itu pastikan laptop / komputer anda sudah bebas dari benalu tersebut.

4. Startup System

Gunakan msconfig untuk membuang semua program dari startup folder dan mematikan service system yang tidak anda perlukan. Dengan membuang program dari startup folder tentunya komputer akan lebih cepat saat startup. Jika anda tidak tahu aplikasi mana atau service mana yang anda butuhkan anda bisa melakukan trial and error. Tapi sebaiknya anda harus banyak bertanya pada rekan anda yang lebih bisa. :)

5. Hapus Aplikasi yang Tidak diGunakan

Aplikasi yang tidak digunakan hanya menjadi beban. Dengan menghapus aplikasi yang tidak anda gunakan sebenarnya anda sudah menghemat pemakaian harddisk. Sedangkan pengaruhnya bagi kecepatan startup adalah bisa jadi file-file dari aplikasi tersebut yang dihapus dari system atau tidak lagi di load saat startup. sehingga sedikit banyak akan membantu menambah kecepatan saat startup.

6. Deframentasi File

Dengan melakukan deframentasi file secara rutin akan membantu anda dalam mempercepat startup windows. Karena file-file startup dapat dibaca dengan lebih cepat dan sekaligus meningkatkan kecepatan booting atau startup windows anda.

7. Bersihkan Registry

Registry kadang bisa menjadi masalah karena windows membaca hal-hal yang tidak perlu. Lakukan pembersihan dengan menggunakan software Registry Cleaner agar registry anda betul-betul bersih dan hanya berisi apa yang memang dibutuhkan. Terutama bila anda telah sering melakukan install dan uninstall aplikasi pada windows.

8. Hapus File Tidak Berguna

Bagi beberapa orang, cara mempercepat adalah menghapus isi folder prefetch yang terletak di folder WindowsPrefetch. Tapi yang pasti anda harus lebih sering menghapus file sementara yang ada di folder temporary. Folder temporary ini biasanya ada di WindowsTemp.

9. Buang Efek Animasi

Efek animasi sudah pasti akan memberatkan kinerja komputer. oleh karena itu sebaiknya anda jangan menggunakan efek animasi agar windows anda dapat berjalan dengan lebih cepat termasuk pada saat startup.

10. Kosongkan desktop anda

Sebelum windows siap untuk bekerja, windows akan menampilkan terlebih dahulu logo atau icon yang ada pada desktop. bila Desktop anda terlalu banyak berisi icon akan membuat windows harus membaca terlebih dahulu file-file minimal dimana gambar icon tersebut berada. Oleh karena itu, jika anda tidak bisa mengosongkan desktop anda dari icon-icon yang tidak berguna, maka gunakanlah/taruhlah sesedikit mungkin icon tersebut di desktop anda.
.

Anda belum menemukan apa yang anda cari?
Coba mencarinya lebih jauh di aimyaya dengan dukungan google
 

 

 

 

Related posts

Tags: booting windows, cara cepat, cara mempercepat, cara mempercepat windows, cara untuk mempercepat startup, file windows, kecepatan windows, kinerja komputer, kinerja windows, startup cepat, startup lebih cepat, Tips mempercepat, tips windows, tips windows 7, tips windows xp, windows lebih cepat

Komentar ditutup