Cara Mencegah Jerawat

Jerawat paling sering muncul di daerah sekitar muka kita. Oleh karenanya daerah muka harus kita jaga kebersihannya dan patut mendapatkan perhatian lebih. Satu hal yang pasti, cara paling ampuh untuk mencegah munculnya jerawat adalah dengan tetap menjaga kulit kita tetap bersih.

1. Kosmetik

Hal terbaik adalah tidak menggunakan kosmetik. Tetapi bagi para wanita kosmetik sudah menjadi keharusan. Oleh karena itu gunakan Kosmetik yang berbahan dasar air untuk mencegah munculnya jerawat. Jangan menggunakan kosmetik yang mengandung minyak.

2. Rambut dan tangan

Secara alamiah, rambut manusia mengandung minyak. Selain itu banyak kotoran yang melekat pada rambut dan tangan. Kotoran yang ada pada rambut dan tangan bisa saja ikut menempel pada muka, khususnya pada tempat jerawat berada, sehingga kemungkinan bakteri juga akan ikut menempel pada jerawat dan membuat peradangan pada jerawat akan menjadi lebih parah. oleh karena itu, jagalah agar rambut dan tangan tidak terlalu sering menempel pada muka kita.

3. Jaga Kebersihan kulit

Aktivitas berolah raga atau keluar dari tempat berdebu tentunya akan menyebabkan kulit kita kotor dan berdebu. Setelah berolahraga, atau keringat keluar cukup banyak, tentunya debu akan banyak menempel pada muka. Bersihkan secara teratur agar debu tidak banyak menumpuk dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

4. Makanan Berlemak

Hindari mengkonsumsi makanan berlemak khususnya yang mengandung lemak jenuh sebenarnya tidak baik bagi kesehatan.

5. Gula

Hindari juga makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi. Makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi seperti permen dan coklat akan dapat mempengaruhi tingkat insulin dalam tubuh. Dengan perubahan tingkat insulin, sedikit banyak tentunya akan mempengaruhi tingkat hormon yang berkaitan dengan jerawat.

6. Susu

Kurangi juga menkonsumsi susu dan produk turunan susu. Seperti halnya makanan yang mengandung lemak jenuh, kandungan lemak jenuh yang terdapat dalam susu dan produk turunannya juga dipercaya dapat meningkatkan perubahan tingkat hormon yang berpengaruh pada peningkatan jerawat.

7. Minum Air Putih

Banyak minum air putih sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Air akan berfungsi sebagai pembawa toksin atau racun untuk keluar dari dalam tubuh kita, baik dalam bentuk air seni ataupun keringat.

8. Stress

Hindari Stress. Stress akan menaikkan kadar hormon yang berkaitan dengan produksi kelenjar minyak. Oleh karena itu hindari stress sebisa mungkin.

9. Makanan dengan Vitamin A, B, C, dan E

Makanan juga akan berpengaruh pada kemunculan jerawat. Perbanyak makanan yang mengandung vitamin, A, B, C, dan E serta yang mengandung mineral Zinc / Seng.

10. Istirahat yang cukup.

Kulit sama halnya dengan bagian tubuh anda yang lain. Kulit juga memerlukan istirahat yang cukup agar dapat melakukan proses regenerasinya. Jadi tidur yang cukup sangat penting untuk menghindari jerawat. Tapi jangan lupa untuk mengganti secara teratur sarung bantal dan sprei yang digunakan, agar debu dan kotoran yang menempel pada sarung dan sprei tersebut tidak menempel pada kulit.
.

Anda belum menemukan apa yang anda cari?
Coba mencarinya lebih jauh di aimyaya dengan dukungan google
 

 

 

 

Related posts

Tags: cara mudah, cara sehat, jerawat, jerawat batu, jerawat biasa, komedo, obat jerawat, pencegahan jerawat, penyebab jerawat, sebab jerawat, tips sehat

Komentar ditutup