Cara Melakukan Persiapan Melahirkan (Bersalin)

Melahirkan atau bersalin merupakan bagian paling penting saat kehamilan. Sehingga perlu dilakukan persiapan-persiapan untuk mendukung proses melahirkan anak nantinya.

1. Ketahui tanggal perkiraan bayi akan lahir

Sangat penting untuk mengetahui kapan bayi lahir. Jadi anda tahun kira-kira kapan anda sudah harus mulai siaga. Tanyakanlah kepada bidan atau dokter mengenai tanggal perkiraan persalinan. Lebih baik lagi hal ini justru ditanyakan pada saat awal-awal kehamilan.

2. Siapkan tabungan untuk biaya persalinan

Sudah pasti tabungan akan memberikan andil yang cukup besar. Sang calon ibu pun akan lebih tenang bila tahu tabungannya cukup untuk menjalani dan melewati proses persalinan.

3. Rencanakan tempat melahirkan

Anda sudah harus berpikir kita-kira dimana lokasi yang tepat untuk melahirkan. Yang jelas anda harus merencanakan melahirkan ditolong bidan atau dokter di fasilitas pelayanan kesehatan apakah rencana melahirkan di rumah sakit bersalin, rumah sakit umum, puskesmas atau tempat praktek bidan.Tentunya pilihan anda salah satunya harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan anda.

4. Menyiapkan kendaraan

Bila anda tidak memiliki kendaraan sendiri, susun prioritas kendaraan yang dapat dipinjam dari saudara, tetangga, ataupun masyarakat disekitar anda. Bahkan, anda harus mempertimbangkan untuk memakai kendaraan sewa. Jadi ketika dibutuhkan, kendaraan sudah bisa / siap untuk dipakai.

5. Siapkan Pendonor Darah

Sedia payung sebelum hujan. Bersiap-siap tentunya lebih baik daripada tidak siap. Sebaiknya mempersiapkan pula orang yang bersedia menjadi pendonor darah bagi anda atau istri anda. Hal ini sangat penting, mengingat tidak tertutup kemungkinan untuk kekurangan darah saat melahirkan (bersalin) terlebih bila ternyata harus melakukan operasi caesar,.
.

Anda belum menemukan apa yang anda cari?
Coba mencarinya lebih jauh di aimyaya dengan dukungan google
 

 

 

 

Related posts

Tags: bersalin, cara alami, cara bersiap melahirkan, cara sehat, melahirkan, perencanaan melahirkan, persiapan bersalin, persiapan melahirkan, rencana melahirkan, siap melahirkan, suami siaga

Komentar ditutup