Cara Membuat Subdomain Website Menggunakan CPanel

Sebuah domain seperti aimyaya.com dapat ditambahkan satu atau beberapa subdomain. Banyaknya jumlah subdomain tergantung pada provider alias penyedia jasa hosting yang anda gunakan. Saya termasuk yang beruntung, sebab penyedia jasa hosting memperbolehkan saya membuat sub domain hingga tak terhingga banyaknya.. Tertarik? Silahkan saja daftar disini.. hehee sekalian promosi hosting.. ;)

Kembali ke pokok artikel ini yaitu bagaimana cara membuat subdomain website dengan menggunakan CPanel. Langkah-langkah yang harus anda lakukan dengan cara ini adalah :

1. Buka CPanel website anda.

biasanya untuk mengakses cpanel anda harus membuka website dengan port akses tertentu. Format bakunya seperti ini :
http://namadomain.com:nnnn
dimana nnnn merupakan nomor port yang akan digunakan untuk dapat mengakses cpanel website anda. Bila anda tidak mengetahui nomor tersebut.. silahkan anda menghubungi terlebih dahulu penyedia jasa hosting anda untuk mengetahui bagaimana cara mengakses cpanel website.

2. Cari dan Buka item sub domain

Dari daftar grup akses cpanel yang tersedia, cari grup yang bernama Domains, lalu buka (bisa dengan klik duakali /double click) item atau icon subdomain.

Cara membuat subdomain menggunakan CPanel: mengakses menu sub domain

3. Isikan nama subdomain

Isikan nama subdomain pada kotak yang disediakan. Setelah anda mengisikan nama subdomain, otomatis nama folder untuk document root akan langsung menyesuaikan. Walaupun anda bisa merubah path/ folder untuk document root, tetapi saran saya biarkan saja selama nama tersebut tidak menimbulkan masalah.

Cara membuat subdomain menggunakan CPanel: Mengisikan nama sub domain

4. Klik tombol Create

Setelah mengisikan nama subdomain dan document root nya, pastikan sekali lagi bahwa data yang anda isikan sudah benar. Bila anda sudah yakin benar, klik tombol create untuk memulai membuat sub domain.

5. Pemberitahuan sub domain

Bila proses pembuatan sub domain berhasil maka akan ditampilkan pesan subdomain berhasil dibuat. Sebagai contoh : pada gambar berikut cara.aimyaya.com berhasil dibuat. Bila anda ingin menambahkan nama sub domain yang lain, anda tinggal klik tombol go back.

Cara membuat subdomain menggunakan CPanel: Informasi sub domain berhasil dibuat

.

Anda belum menemukan apa yang anda cari?
Coba mencarinya lebih jauh di aimyaya dengan dukungan google
 

 

 

 

Related posts

Tags: car bikin blog sendiri, Cara, cara bikin, cara buat, cara membikin, cara membuat, cara membuat blog, cara membuat blog sendiri, cara membuat sub domain, cara membuat website, cpanel, subdomain, subdomain cpanel, website

4 Respon untuk Cara Membuat Subdomain Website Menggunakan CPanel

  1. oke sob ane coba dulu nih…salam kenal n thanks.

  2. airvan42 berkata:

    tak coba dula ya sob..

  3. Amdal berkata:

    Nice post, salam kenal yach. Saya ingin tanya, bagaimana caranya supaya subdomain yang sudah dibuat bisa kita akses seperti cara.aimyaya.com.
    Mohon sharing nya yach.
    Trims

    • carasaya berkata:

      upload saja file pada sub domain tersebut seperti halnya upload untuk domain utama. untuk lebih jelasnya coba lihat folder di website dengan menggunakan file manager yang ada di CPanel. nanti di public_html akan terlihat nama sub domainnya.