Cara Mempercepat Download File Berukuran Besar

Tidak jarang kita melakukan download file ketika sedang melakukan browsing menggunakan mozilla firefox ataupun opera. Sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah bila ukuran file yang kita download masih tergolong kecil, download pun bisa berlangsung dalam waktu yang relatif cepat atau singkat. Tetapi problem muncul ketika file yang akan kita download tergolong berukuran besar seperti file video atau film. Atau mungkin jangankan video, mp3 pun akan terasa berat bila bila jaringan yang kita gunakan sedang sibuk apalagi menggunakan dial-up. Untuk mengatasi problem download tersebut kita tidak bisa hanya menggunakan tool download bawaan milik mozilla firefox dan opera saja, tetapi kita membutuhkan lebih dari itu: sebuah download manager atau download accelerator! Software untuk download tersebut merupakan salah satu jalan keluar terbaik untuk mempercepat proses download yang kita lakukan, terutama untuk mempercepat proses download file-file berukuran besar seperti video, music, ataupun berbagai macam file lainnya dari Myspace, YouTube, Imeem, Pandora, Rapidshare atau dari sumber download lainnya di internet. Software gratis yang bagus untuk mempercepat download tersebut diantaranya adalah: Download Accelerator Plus, Orbit Downloader, Star Downloader Free, Internet Turbo 2003, GetGo Download Manager. Sementara untuk software yang tidak gratis seperti Internet Download Manager, GetRight, Internet Download Accelerator.
Secara umum semua software download manager tersebut memiliki kemampuan untuk menghentikan sementara (pause) dan melanjutkan kembali proses download (resume) dari hasil download terakhir (alias tidak dimulai kembali dari awal). Jadi ketika koneksi internet anda jelek / terputus, anda bisa melanjutkan kembali pada keesokan harinya pada saat bukan jam sibuk. Kemampuan yang lain yang tidak kalah pentingnya adalah mampu untuk mencari situs mirror untuk file-file yang sedang di download plus mampu untuk melakukan segmentasi proses download(yang juga harus didukung server tempat file tersebut berasal). Sebagai contoh, bila anda menggunakan fasilitas download default yang ada pada mozilla firefox atau opera maka umumnya proses download file tersebut hanya akan berlangsung menggunakan 1 (satu) koneksi dengan 1 (satu) segmen. Berbeda dengan menggunakan Orbit Downloader. Secara default orbit downlader akan memecah menjadi 8 koneksi download dengan beberapa segment.

Bagaimana mau mencoba Orbit Downloader? Untuk tahapan / cara install Orbit downloader klik disini.

Anda belum menemukan apa yang anda cari?
Coba mencarinya lebih jauh di aimyaya dengan dukungan google
 

 

 

 

Related posts

Tags: cara cepat, cara mempercepat download, cara mempercepat download mozilla, download accelerator, download manager, file download, internet download, kecepatan download, koneksi download, koneksi internet, rapidshare download, resume download, segmentasi download, tips mempercepat download, youtube download, ziddu download

Satu Respon untuk Cara Mempercepat Download File Berukuran Besar

  1. doni berkata:

    gooooooooood